Senin, 12 April 2010


TUGAS 2

Coba kalian kritisi karikatur tersebut berdasarkan penalaran kalian. Ungkapkan apa yang ingin disampaikan oleh si pembuat karikatur tersebut !


Pada gambar tersebut terjadinya penindasan antara masyarakat miskin, karena punya lahan pertanian hanya satu-satunya untuk mencari nafkah untuk keluarganya disuruh dijual karena untuk pembangunan proyek bijih besi, abahnya sudah ngga tahan penghasilan satu-satunya disuruh dijual Cuma karena proyek tersebut.
Sedangkan anak-anak abah belum pada makan dan minum susu, boro-boro penghasilan lahan aja jarang laku dipasaran. Sedangkan anak abah yang paling besar di penjara oleh polisi gara-gara mencopet untuk kebutuhan makan keluarga kami. Abah sudah bosan hidup susah abah mau bunuh diri aja.
Sedangkan si emak anaknya kelaperan, sudah begitu Gas Elpijinya habis emak musti beli kesana kemari. Emak sudah ngga sanggup dan ngga kuat karena harganya mahal dan berat bagi kami keluarga miskin, sudah begitu Gas Elpiji itu langka. Mendingan emak nyusul bapak aja bunuh diri.
Menurut saya gambar karikatur perekonomian tersebut sangat bagus untuk menyinggung pemerintah supaya masyarakat kecil jangan terlalu ditindas dan dipaksa untuk membiayai kehidupannya, untuk makan saja susah apalagi buat beli Gas Elpiji yang terlalu mahal.
Kasihani sedikitlah kepada masyarakat kecil supaya harganya lebih murah sedikit dibandingkan dengan yang lain, jangan korupsi aja dibesar-besarkan. Setuju tidak!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar